sekilas napak tilasku
sekilas napak tilasku

Cara Bijak Menggunakan Gadget untuk Anak

Cara bijak menggunakan gadget untuk anak sangatlah penting dalam menghadapi saat saat seperti ini, dimana merebaknya virus Corona yang sedang terjadi hampir di semua negara di dunia. Di masa Pandemi seperti sekarang ini, gadget bukanlah menjadi barang yang asing buat anak. Karena hampir seluruh sekolah melakukan proses belajar mengajar melalui online yang membutuhkan jaringan internet. Sehingga setiap anak bisa mengakses internet dengan mudah menggunakan gadget.

Tumbuh pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini tidak mampu kita cegah. Kita bisa melihat fenomena yang terjadi saat ini,  anak-anak di bawah umur sudah memegang gadget di tangan. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua, perlu memperhatikan dan memberikan batasan kepada sang buah hati dalam penggunaan gadget. Hal ini agar putra putri kita tidak sampai mendapatkan dampak negatif dari gadget  itu sendiri.

Yang perlu kita ketahui, ada beberapa hal yang bisa menimbulkan dampak negatif yang tidak disadari oleh anak-anak yang mengalami kecanduan bermain gadget, yaitu seperti:
a. Mengganggu tumbuh kembang anak.

b. Mengalami keterlambatan perkembangan bicara.
c. Rentan mengalami gangguan tidur.
d. Terjadi kelainan mental
e. Timbul sifat agresif
f. Proses belajar yang tidak berkelanjutan.
g. Dampak radiasi yang merusak otak.
Dan masih banyak lagi dampak buruk yang akan terjadi, jika anak kita biarkan terus menerus menggunakan gadget.

Cara bijak menggunakan gadget untuk anak yang bisa kita praktekkan dalam keseharian kita, yaitu:

1. Buatlah kesepakatan Jadwal menggunakan gadget dengan anak.

Membuat kesepakatan  jadwal penggunaan gadget dengan anak, adalah salah satu cara bijak ber-gadget yang bisa diterapkan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Pertama-tama kita bisa membuat perjanjian jadwal kapan anak boleh menggunakan gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuh benda tersebut sama sekali.

Contohnya seperti saat sedang makan, atau saat berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk kita tidak memberikan gadget pada anak, sehingga anak bisa fokus menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.

Kemudian buat kesepakatan berapa lama anak boleh menggunakan gadget, jika waktu selesai, maka anak tidak lagi diperbolehkan menggunakan gadget walaupun anak sampai menangis. Lalu buat pula kesepakatan bahwa anak harus meminta izin orangtua untuk membuka situs yang diperbolehkan atau mengunduh file yang diizinkan.

Jika sekolah anak via online, maka buat kesepakatan hanya boleh memakai gadget saat belajar via online. Jika belajar via online sudah selesai, maka gadget wajib dikembalikan kepada orang tua.

2. Orangtua Wajib Memberi Contoh yang Baik

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa perilaku orangtua akan selalu menjadi cermin yang akan ditiru oleh anak. Karena itulah mengapa kita sebagai orang tua perlu bersikap bijak dan wajib menjadi teladan yang baik untuk putra putri kita, termasuk saat menggunakan gadget.

Yang paling penting kita lakukan adalah hindari memegang gadget ketika kita sedang bersama anak, supaya anak tidak mencontoh apa yang kita lakukan, yang akhirnya dapat menghindarkan mereka dari kecanduan gadget. Kita bisa menggantinya dengan melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan bersama anak, seperti bermain game tebak kata, atau bernyanyi bersama, atau mengaji bersama.

3. Lakukan Kegiatan Bebas dari Gadget

Cara bijak ber-gadget untuk anak selanjutnya adalah melakukan kegiatan bersama anak yang bebas dari gadget.

Terlalu sering menghabiskan waktu  dengan gadget dapat membuat anak tidak tahu apa yang harus dilakukan jika benda tersebut tidak berada dalam genggaman tangannnya. Oleh karena itu, yuk kita coba menjauhkan anak dari ketergantungan gadget dengan mengajaknya melakukan kegiatan  lain.

Seperti, mengajak anak mengunjungi toko buku dan membaca buku favorit mereka. Kita juga bisa mengikutsertakan anak dalam berbagai klub yang disukai anak, misalnya Tahfidz Qur’an, Memanah, Renang, atau olahraga lainnya. Sebaiknya kita juga harus mengajari anak untuk bersosialisasi dengan tetangga atau teman-temannya.

4. Cara bijak menggunakan gadget untuk anak dengan Mendampingi anak saat menggunakan gadget.

Sebaiknya kita dampingi anak saat menggunakan gadget. Karena jika kita biarkan anak menggunakan gadget sendiri, maka anak bisa membuka berbagai situs dengan mudah.

Hanya dengan mengklik dengan jarinya saja maka akan terbukalah situs-situs yang bisa jadi anak membuka situs yang tidak tepat dilihat oleh anak.

Jadi dengan mendampingi anak maka kita bisa memantau, atau mengarahkan cara bijak ber-gadget dengan cara mengeksplorasi minatnya, misalnya anak suka melukis, anak dapat dibimbing mencari tahu tentang tips menjadi pelukis yang sukses.

Itulah cara bijak ber-gadget untuk anak yang bisa kita aplikasikan dalam keseharian kita agar penggunaan gadget pada anak bisa terkontrol, dan kita sebagai orang tua bisa merasa aman dan tenang.

Ditulis oleh Laila Umm Hanfeiz
Teman belajar dan bermain di SD Silaturahim Islamic School.

 

Kunjungi : insanmandiri.sch.id

Leave a Reply