LATAR BELAKANG

SD Silaturahim Islamic School didirikan pada bulan Maret 2014 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ). Sekolah Dasar Silaturahim diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke-26 Bpk Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. pada tanggal 21 Desember 2015.

Sekolah Silaturahim fokus pada pendidikan karater dan pengembangan potensi siswa. Untuk pendidikan karakter, Kami menerapkan model pembelajaran Project Based Qur’an yang diadaptasi dari Project Based Learning. Diharapkan, siswa kelas tidak hanya mampu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an yang terkait dengan karakter, namun juga memahami, mempraktekan, bahkan kelak mampu mengembangkan pengetahuan baru untuk kemaslahatan ummat, Aamiin.

Sebagai sekolah yang berbasis Multiple Intelligences (MI), Kami percaya bahwa semua anak adalah cerdas (berpotensi). Tidak ada ciptaan Allah SWT yang gagal. Untuk itu, sekolah Silaturahim tidak mengadakan seleksi bagi anak yang ingin bersekolah disini, selain observasi kecerdasan siswa atau tes Multiple Intelligences Researsch (MIR). Sejak tahun ke-2 sekolah Silaturahim juga menerima siswa dengan beragam kebutuhan atau inklusi. Setiap siswa yang membutuhkan pendampingan khusus akan disediakan Shadow Teacher (ST).