3 perkara yang tidak boleh terlupa muhammad puad muchlis

3 PERKARA YANG TIDAK BOLEH TERLUPA

3 Perkara yang tidak boleh terlupa di tengah mewabahnya virus corona

Di tengah mewabahnya virus Corona/ covid 19 di negara kita tercinta ini, ada 3 perkara yang tidak boleh terlupakan oleh orang-orang beriman:

1. Bersyukur atas nikmat Allah

Bersyukur adalah salah satu perintah Allah yang tak boleh kita lupakan dalam kehidupan kita sehari-hari, syukur atas nikmat iman, nikmat Islam, dan nikmat sehat wal afiat, sesuai dengan pengertian syukur menurut para ulama “mengelola semua ni’mat sesuai dengan yang Alloh ridhai,” dari pengertian tadi dapat kita pamahami, dengan keadaan seperti sekarang ini Allah memberikan nikmat waktu luang dengan keluarga, dengan anak dan istri di rumah, tentunya dengan melakukan kegiatan kegiatan positif yang tidak mengharuskan untuk keluar rumah, firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah 152:
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
Artinya:
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al-Baqarah : 152)

2. Sabar atas semua ketentuan Allah

Di tengah wabah yang melanda, ada beberapa peraturan yang membatasi ruang gerak kita, sehingga membuat kita harus tetap berada di rumah. tentunya membuat rasa bosan dan menurunnya perekonomian, sabar adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini, sabar dalam taat pada ketetapan ulama dan Umaro, dan sabar menghadapi musibah, wabah ini khususnya, firman Allah surat Al-Baqarah 153:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ
Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

3. Berdoa

   Yang terakhir yang harus kita lakukan dalam kehidupan kita adalah berdoa kepada Allah SWT.
Inilah yang harus kita lakukan, dalam hadits nabi di katakan bahwa doa adalah senjatanya orang-orang beriman, bahkan Allah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa berdoa kepada-Nya, firman Allah surat Ghafir : 69
  وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ
Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.
Mengenai ayat ini, Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
من لم يدع الله ، عز وجل ، غضب عليه
Siapa yang tidak pernah berdoa kepada Allah Azza Wa Jalla, maka Allah murka padanya.
Semoga kita semua tergolong kedalam hamba-hamba Allah yang pandai bersyukur, sabar dalam menghadapi musibah, dan hamba-hamba Allah yang senantiasa berdoa kepada-Nya.
Dan semoga Allah mengangkat wabah ini dari negeri tercinta Indonesia secepatnya, dan kita dapat bertemu dengan bulan suci Ramadhan InsyaAllah
Mudah-mudahan bermanfaat
Wallahu a’lam
3 Perkara yang tidak boleh terlupa
Oleh : Muhammad Puad Muchlis (Guru SD Silaturahim Islamic School)
Kunjungi Juga : Insan Mandiri Cibubur

This Post Has One Comment

  1. ilham

    Bismillah semoga bisa istiqomah

Leave a Reply