belajar al-quran online dengan metode ummi eliawati sd silaturahim
belajar al-quran online dengan metode ummi eliawati sd silaturahim

BELAJAR AL-QURAN ONLINE DENGAN METODE UMMI

Belajar Al-Quran online dengan metode Ummi dapat dilakukan dengan cara:  1). Privat/Individual  2). Klasikal individual 3).Klasikal baca simak 4). Klasikal Baca Simak Murni.

Al-quran adalah kalamullah (Firman Allah) yang menjadi panduan hidup bagi manusia. Ia menjadi petunjuk dan penerang bagi seluruh alam raya, sudah seharusnya Al-quran selalu ada di dalam hati setiap umat muslim.

Tapi sayang, banyak sekali dari kita yang “tidak memiliki” waktu untuk membacanya. Bahkan masih banyak yang belum bisa membacanya. Entah karena kesibukan sekolah, kuliah ataupun kepadatan bekerja dan sebagainya.

Tahukah anda bahwa hilangnya waktu membaca Al-Quran maka hilang pula jatah mendapat pahala bagi kita.

Saat ini sedang terjadi pandemi corona, Sekolah, Taman Pendidikan Al-Quran dan Majelis Ta’lim diliburkan, semakin sulit bagi anak-anak kita untuk belajar Al-Quran. Namun kita tidak boleh berputus asa, karena yakinlah setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Sekarang banyak sekali metode pembelajaran al-quran yang berkembang antara lain metode Iqro, Qiroati, Tartilla, Utsmani, Ummi dan lain sebaginya. Dengan banyak metode ini, memungkinkan kita untuk bisa belajar Al-Quran dengan cepat dan mudah.

Untuk memudahkan ananda belajar, maka SD. Silaturahim melakukan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode Ummi dan saat ini dilakukan secara online.

Belajar Al-Quran online dengan metode Ummi dapat dilakukan dengan cara:

1. Belajar Al-Quran online dengan Privat /Individual

Metode privat adalah metode pembelajaran al-quran yang dilakukan dengan cara perorangan dan saat online bisa dengan vidio call/vice note.

2. Belajar Al-Quran online Klasikal Individual.

Metode Klasikal individual adalah pembelajaran yang dilakukan dengan cara membaca bersama-sama halaman yang ditentukan oleh guru.  Kemudian pembelajaran dilakukan secara individual. Metode ini bisa menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet atau  class room dan lain sebagainya.

3. Klasikal baca Simak.

Metode klasikal baca simak adalah pembelajaran yang dilakukan dengan cara membaca bersama-sama halaman yang ditentukan oleh guru, selanjutnya siswa membaca perorangan dan disimak oleh temannya, metode ini bisa dilakukan online menggunakan google meet, zoom, class romm atau lain sebaginya.

4. Klasikal Baca Simak Murni

Metode Klasikal baca simak murni dapat dilakukan dengan cara menyimak halaman yang dibaca oleh teman.

Itulah Belajar Al-Quran Metode Ummi yang dilakukan di SD Silaturahim Islamic School selama Pembelajaran jarak jauh. Semoga Allah memudahkan kita semua dalam belajar membaca Al-quran.

 

Oleh : Eliawati, S.Pd.I

This Post Has One Comment

  1. Dwi Hastuti

    Kalau mau mendaftar kelas online, mengajar metode umminya bagaimana ya?
    Nanti ada sertifikatnya juga kah?

Leave a Reply