belajar dan mengajar Sekolah Di Cibubur SD Silaturahim Islamic School

BELAJAR DAN MENGAJAR DI YPSJ

Belajar dan mengajar di YPSJ,

Sebagai pembuka saya akan sampaikan sedikit tentang awal perkenalan saya dengan YPSJ. Sebenarnya tidak ada keinginan hati untuk bergabung di salah satu lembaga pendidikan yang berada di naungan YPSJ. Karena background saya sebagai guru TK yang memang tidak ada di sana. Saat itu baru ada SMA dan SMP IT Insan Mandiri.

Namun takdir berkata lain. Ternyata YPSJ membuka SD dengan nama SD Silaturahim Islamic School. Dengan niat belajar, saya putuskan untuk bergabung dengan YPSJ. Meski diawal tidak sesuai dengan harapan terutama di penghasilan, tapi saya kuatkan hati dan luruskan niat. BISMILLAH.. semoga kiranya Allah meridhoi pilihan saya.

Awal masuk sekolah Silaturahim ini, saya belum tau banyak tentang visi dan misi. Yang saya tau, sekolah Silaturahim tidak berorientasi pada nilai akademik, tapi lebih pada pengembangan bakat dan ahklaq. Mencetak generasi yang bukan cuma pintar secara akademik tapi juga berahlaq mulia. Ditambah lagi sekolah Silaturahim juga menerima siswa berkebutuhan khusus. Kebetulan saya lulusan pendidikan luar biasa, sehingga pas sekali…

Tahun pertama di SD Silaturahim, siswanya hanya 11 anak. Suasana di sekolah tidak beda dengan di rumah. Ditambah lagi bentuk bangunan sekolah yang menyerupai rumah. Suasana akrab penuh kekeluargaan antar guru dengan siswa dan personel sekolah lainnya tercipta di sana. Seiring berjalannya waktu siswa dan personel guru bertambah dan berubah. Namun ada satu yang tidak berubah yakni kekeluargaan. Untuk siswa berkebutuhan khusus pun setiap tahun ada saja yang mendaftar. Yang lebih melegakan, yayasan sudah menyiapkan kami dengan seorang ahli yang sangat mumpuni. Beliau sangat menguasai pengetahuan di bidang pendidikan.

Di sekolah Silaturahim saya banyak belajar. Oh iya, apa sih pengertian belajar?Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.

Banyak belajar dari pakar sehebat pak Munif bukanlah suatu yang mudah didapat orang. Melihat jam terbang beliau yang luar biasa padat, sehingga belajar secara langsung dengan beliau adalah suatu rezeki yang sangat luar biasa buat saya. Saya sampai punya julukan khusus untuk pak Munif, yaitu Google berjalan.  Saya banyak belajar bagaimana menghandle anak reguler maupun ABK, membuat belajar jadi sesuatu yang menyenangkan,  memahami kondisi psikologi orang tua ABK dan banyak lagi. Bahkan saya mendapat kesempatan emas mengunjungi negeri matahari terbit untuk belajar lebih banyak lagi tentang ABK di penghujung tahun lalu. Alhamdulillah, kemampuan saya bertambah dan semoga berkah untuk membantu sesama.

Itu semua membuat saya semakin bersyukur dan terus memperbaiki niat untuk apapun yang saya lakukan hanya untuk mengharap kasih NYA. Karena jika niat kita diperuntukkan untuk NYA, InsyaAllah IA juga yang akan memudahkan segala keinginan baik kita.

Untuk itu saya juga bertekad dan berusaha untuk terus mengajar dengan baik. Karena mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral yang berat, maka tidak ada salahnya kita terus perbaiki niat. Agar dalam mengajar, Allah mudahkan anak – anak memahami materi ajar dan Allah mudahkan kita sebagai pengajar dalam menyampaikan materi pelalajaran.

YPSJ selaku yayasan yang sangat bertanggung jawab terhadap seluruh guru dan karyawannya sudah memberikan fasilitas yang terbaik sesuai kemampuan yayasan. Memberikan gaji sesuai dengan porsi kerja, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan guru dan karyawan yang semakin hari semakin baik.

Untuk kami, selaku guru dan karyawan, InsyaAllah akan memberikan yang terbaik untuk kemajuan YPSJ. Selalu belajar dan mengajar di sekolah ini. Semoga Allah menyatukan hati  kami semua, agar bisa membawa YPSJ ke arah yang lebih baik lagi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk ummat. Aamiin

OLEH : SYARIFAH HANUM, S.Pd

Guru  SD Silaturahim Islamic School

 

Leave a Reply