belajar tetap seru 1
belajar tetap seru 1

Belajar Tetap Seru Walaupun di Rumah

Belajar tetap seru walaupun di rumah bisa kita ciptakan sendiri teman-teman, diantaranya teman-teman bisa menyiapkan; a) siapkan alat alat yang diperlukan untuk belajar, b) teman-teman cari tempat yang nyaman, c) jauhkan benda atau alat yang dapat menggangu konsentrasi belajar, d) pastikan koneksi internet baik.

Nah teman-teman sholih dan sholiha SD Silaturahim Islamic School, dibawah ini akan diuraikan dari beberapa hal yang membuat belajar tetap seru walaupun di rumah.

a) Belajar Tetap Seru dengan menyiapkan alat-alat yang diperlukan.

Jika teman-teman terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar untuk saat ini siapkanlah sendiri alat-alat tersebut. Alat-alat yang mendukung belajar bisa membuatmu mudah untuk belajar. Jangan sampai alat-alat untuk belajar ini tak kamu perhatikan sehingga bisa mengganggumu saat belajar. Dan Jangan lupa untuk merapikan dan menyimpan kembali ya teman-teman supaya memudahkan kita untuk menyiapkan esok hari.

 

b) Jangan lupa ya teman-teman cari tempat yang nyaman.

Teman-teman banyak dari kita biasanya memilih belajar sambil rebahan di kasur, di sofa, diatas lantai dan sebabainya. Rebahan di kasur, di sofa, dan diatas lantai memang nyaman, tetapi nyaman untuk beristirahat teman-teman. Belajar sambil rebahan di kasur, di sofa, dan dilantai  bisa membuat badan pegal dan konsentrasi kita buyar. Teman-teman juga bisa ketiduran saat belajar sambil rebahan.

Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi duduk teman-teman ya.

Dan Jangan lupa juga pastikan pencahayaannya ya teman-teman, karena kalau terlalu gelap tidak bagus untuk penglihatan kita.

 

c) Jauhkan Benda Atau Alat Yang Dapat Menggangu Konsentrasi Belajar

Agar teman-teman dapat belajar dengan fokus jauhkan televisi, mainan, dan menjauh dari tempat yang bising atau ramai. Karena hal tersebut akan mengurangi konsentrasi dalam belajar.

 

d) Belajar Tetap Seru dengan Memastikan Koneksi Internet Baik

Untuk menyiapkan segala materi pembelajaranmu, hal lain yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar dari rumah. Kamu tak harus memasang jaringan internet di rumahmu. Kamu bisa menggunakan jaringan internet lewat handphonemu, pastikan kuotanya ada ya teman-teman.

Selamat mencoba ya teman-teman, dan tetap semangat ya belajar jarak jauhnya. Jangan lupa kita berdoa semoga pandemic Covid 19 ini segera berakhir, dan kita semua dapat segera berkumpul di sekolah tercinta SD Silaturahim Islamic School.

Oleh : Yoyok Purnomo (Guru SD Silaturahim Islamic School)

 

Kunjungi Juga : Insan Mandiri Cibubur

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply