bendera merah putih berkibar rince mandalasari
bendera merah putih berkibar rince mandalasari

Bendera Merah Putih Berkibar

Bendera Merah Putih berkibar, itu artinya Hari kemerdekaan 17 Agustus atau biasa kita sebut dengan tujuh belasan sudah mulai terasa. Setiap tahunnya seluruh masyarakat bersiap untuk menyambut hari yang sangat istimewa yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Tetapi perayaan kemerdekaan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena adanya Covid-19 yang berawal mula dari luar negara Indonesia. Namun walaupun adanya virus ini, kita harus tetap semangat karena ini sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap Tanah Air, dan tentunya mengenang jasa-jasa pahlawan yang rela mati melawan penjajah di medan perang demi Negara Indonesia maju.

Biasanya sebelum tanggal 17 Agustus di berbagai daerah orang-orang sudah mulai melakukan kegiatan perlombaan seperti lomba balap karung, balap memakan kerupuk, panjat pinang, memasukan paku ke dalam botol, dan lain sebagainya. Tapi kemungkinan tahun ini setiap daerah perlombaan seperti itu akan ditiadakan untuk sementara waktu karena adanya virus corona yang masih merenggut banyak jiwa.

Pada saat seperti ini, kemungkinan yang masih bisa dilakukan oleh suatu pendidik atau sebuah instansi adalah melakukan upacara Hari 17 Agustus sebagai tanda rasa syukur dan hormat  kita terhadap Negara Indonesia yang sudah maju. Namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak.

Pemerintah pun selalu mengingatkan warga-warganya untuk tetap memperhatikan protokol  kesehatan, seperti memakai masker, sering mencuci tangan, sedia handsanitizer dan menjaga jarak. Jika di suatu daerah masih mengadakan perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya setidaknya hal itu yang harus dilakukan saat ini.

Penjual bendera Merah Putih pun mulai muncul, baik yang menjual di pinggir jalan maupun penjual berkeliling menggunakan gerobak atau sepeda. Selain menjual bendera juga ada yang dagangannya dilengkapi dengan tiang bendera yang terbuat dari bambu, atau stiker-stiker lainnya yang berhubungan dengan 17 agustusan.

Warga-warga juga sebagian sudah memasang Bendera Merah Putih di depan rumahnya. Sehingga di perjalanan banyak Bendera Merah Putih berkibar. Banyak juga pengendara motor dan mobil memasang aksesoris seperti bendera kecil atau stiker, dan lain sebagainya.

Semoga tahun depan kita semua bisa melakukan kegiatan 17 Agustusan seperti biasanya dengan cara memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dan Virus ini menghilang di dunia.

Oleh: Rince Mandalasari (Guru SD Silaturahim Islamic School)

 

Kunjungi juga : insanmandiri.sch.id

Leave a Reply