KEUTAMAAN MASUK PONDOK PESANTREN INSAN MANDIRI CIBUBUR
KEUTAMAAN MASUK PONDOK PESANTREN INSAN MANDIRI CIBUBUR

Keutamaan Masuk Pondok Pesantren

Keutamaan Masuk Pondok Pesantren utamanya adalah bahwa Allah menjanjikan kemudahan jalan menuju syurga bagi para penuntut ilmu.

Mungkin ada sebagian orang awam, mendengar nama Pondok Pesantren itu menakutkan. Bahkan ketika  ada anak yang sulit diatur, orang tua akan langsung mengancam dengan memasukan mereka ke Pondok Pesantren, seakan-akan tempat tersebut merupakan penjara bagi anak-anak nakal, padahal sejatinya tidaklah demikian.

Pondok pesantren adalah tempat dimana seseorang yang ikhlas untuk dibina dan dididik oleh para guru dan merubah dirinya menjadi lebih baik dan berakhlak mulia.

Berbahagialah saat Allah memberi kesempatan kepada anak kita untuk menuntut ilmu agama. Karena Allah telah menjanjikan kemudahan jalan menuju syurga bagi para penuntut ilmu.

Sebagaimana yang telah disabdakan Rosullullah SAW.

“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah mudahkan jalannya menuju syurga. Sesungguhnya para malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridho atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang ada di dalam air.”

Keutamaan masuk Pondok Pesantren seperti pada hadist di atas bahwa akan di berikan kemudahan jalan menuju syurga.

Berbahagialah ibu,  karena Allah juga akan memberi kemuliaan bagi orang-orang yang berilmu. Tidaklah kita menginginkan anak-anak menjadi pribadi yang mulia selama di dunia dan juga pahala serta derajat yang tinggi di akhirat nanti.

Perpisahan adalah suatu yang sangat menyakitkan, apalagi berpisah dengan buah hati tercinta. Namun bersabarlah sebentar wahai ibu, InsyaAllah perpisahan ini hanya untuk sementara. Jarak yang terpisah masih bisa ditempuh dan kita masih bisa mendekapnya dengan do’a kita.

Bersyukurlah, karena dengan perpisahan ini, anak akan belajar merasakan dan mengelola kerinduan kepada orang tuanya dan bahkan anak akan lebih sering mendoakan kedua orang tuanya.

Apalagi kalau bukan Jannah tujuan akhir yang kita harapkan untuk kembali berkumpul bersama?

Demikianlah Keutamaan Masuk Pondok Pesantren agar mampu membawa kita kembali ke Jannah Allah SWT.

Semoga Allah menjadikan anak-anak kita generasi muslim yang berilmu dan mampu beramal dengan ilmunya serta mendakwahkannya. Kita berharap Allah menjaga hatinya agar tetap berada dalam fitrah dan keikhlasan. Hingga senantiasa memurnikan niat di setiap aktifitasnya hanya untuk mengharapkan ridho Allah.

 

Oleh : Eliawati (Guru SD Silaturahim Islamic School)

 

Kunjungi Juga : insanmandiri.sch.id

Leave a Reply