peduli lingkungan sejak dini sd silaturahim islamic school sekolah di cibubur
peduli lingkungan sejak dini sd silaturahim islamic school sekolah di cibubur

Peduli Lingkungan Sejak Dini

Peduli lingkungan sejak dini akan menjadi kebiasaan yang baik bagi seseorang. Salah satu kebiasaan baik itu peduli terhadap lingkungan sekitar. Apa yang sudah kita lakukan untuk mengajak anak peduli terhadap lingkungan. Mungkin hanya sebatas pengetahuan saja tentang bencana alam yang banyak disiarkan di layar TV. Berikut adalah cara kita mengajarkan sikap peduli lingkungan pada anak sejak usia dini.

1. Membuang sampah pada tempatnya

Cara ini adalah hal kecil untuk menanamkan jiwa kepedulian anak terhadap lingkungan. Kita sebagai orang tua harus mencontohkan dan membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Anak dibiasakan juga memilah sampah organik dan anorganik . Kita juga perlu menjelaskan kepada anak bahwa membuang sampah di sembarangan tempat bisa mengakibatkan banjir atau menjadi sarang nyamuk, dan lain sebagainya.

2. Belajar menanam pohon atau berkebun

Mengajak anak suka menanam pohon adalah salah satu langkah yang efektif. Walau tidak memiliki lahan yang luas, kita bisa mengajarkan anak dengan cara menanam pohon di dalam pot. Jangan lupa ceritakan juga bahwa dari hasil menanam pohon akan ada banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya.

peduli lingkungan sejak dini sd silaturahim islamic school cibubur

3. Mengurangi penggunaan plastik

Penggantinya bisa menggunakan tas kain yang bisa dicuci dan digunakan berulang-ulang. Kurangi juga penggunaan botol plastik agar sampah plastik tidak selalu bertambah. Jadi, selalu ingatkan anak kita untuk membawa botol minuman dari rumah.

4. Menghemat kertas

Kita sebagai orang tua perlu menjelaskan kepada anak agar lebih menghemat kertas, karena bahan pembuatannya berasal dari pohon. Jika kebutuhan kertas meningkat maka akan semakin banyak penebangan pohon. Kertas yang digunakan dengan cara yang boros akan menimbulkan masalah baru, salah satunya dengan penumpukan sampah.

5. Menggunakan produk yang ramah lingkungan

Kita sebagai orang tua harus membiasakan anak untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan. Jadi, tidak hanya mengurangi sampah, tetapi anak pun melanjutkan sikap baiknya dengan cara tidak menghasilkan sampah. Misalnya, mengganti penggunaan tisu dengan sapu tangan, menggunakan sedotan stainles dan membawa tas kain saat bepergian pengganti kantong plastik.

Tugas kita sebagai orang tua harus bisa mencontohkan kepada anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan. Sebenarnya mudah jika sejak awal kita memberi contoh dan memberlakukan hal tersebut secara terus-menerus.

oleh: Rince Mandalasari (Guru SD Silaturahim Islamic School)

 

Kunjungi : Insan Mandiri Cibubur

Leave a Reply