TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA sd silaturahim islamic school
TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA sd silaturahim islamic school

TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSINYA

Tantangan guru dalam pembelajaran daring dan solusinya. Lantaran pandemi Covid-19 belum juga reda. Bahkan jumlah masyarakat yang tertular virus corona dari hari ke hari kian bertambah banyak. Sehingga sekolah sampai sekarang masih secara online.

Pembelajaran jarak jauh (online classroom) sebenarnya memberikan tantangan tersendiri bagi guru. Adapun tantangan guru dalam pembelajaran daring dan solusinya adalah:

1. Tantangan guru dalam pembelajaran Guru harus mampu memanfaatkan media teknologi

Dengan presentasi zoom, penugasan via google classroom, quizizz, dan lain-lain. Hal itu mutlak dilakukan untuk mentransfer knowledge kepada peserta didik secara menarik dan efektif.

 

2. Menyajikan pembelajaran yang terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu

Ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail. Di sini guru dituntut pula untuk mengatur waktu dengan baik.

 

3. Guru harus bisa melakukan perannya sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator

Bagaimana guru mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak-anak didik yang serba berjauhan. Ini hanya bisa dilakukan oleh guru yang memiliki visi jelas dalam pembelajaran dan mampu menjalin ikatan batin dengan siswa.

 

4. Selalu menyampaikan “pesan” untuk menjadi anak yang “tangguh”

Akibat penyebaran Covid-19 yang berdampak kepada pembelajaran siswa. Siswa menjadi serba-terbatas dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkreasi, sehingga mereka harus mampu beradaptasi dengan hal-hal baru. Di samping peran orang tua siswa, guru juga memiliki peran untuk membuat tangguh siswa dengan berusaha memotivasi mereka untuk disiplin belajar, semangat dalam melaksanakan tugas, aktif dalam presentasi. Selain itu, menghidupkan interaksi online dengan guru-guru dan teman-teman.

 

5. Mendorong kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah

Guru harus kreatif dalam meramu materi, menggunakan metode menyenangkan, dan memberikan tugas-tugas yang dapat menstimulasi siswa untuk bertanya. Baik kepada guru, teman sekelas maupun orang tua mereka.

Itulah tantangan guru dalam proses pembelajaran daring dan solusinya yang berjalan sampai saat ini. Semoga bermanfaat.

Oleh :

Maesyaroh, S.Pd.I

Guru SD Silaturahim Islamic School

Kunjungi Juga : Insan Mandiri Cibubur

Leave a Reply