yuk menghafal al qur'an sd silaturahim islamic school 2
yuk menghafal al qur'an sd silaturahim islamic school 2

YUK MENGHAFAL Al QUR’AN

Yuk menghafal Al Qur’an

Anda mau menjadi penghafal Al Qur’an? Menghafal AL Qur’an adalah salah satu diantara amalan paling baik yang ingin diraih oleh setiap muslim.

Jika seseorang dapat menjadi penghafal Al Qur’an, maka banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh, antara lain kelak akan diberikan derajat yang tinggi di surga, dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa neraka dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Menghafal Al Qur’an bukanlah suatu yang mudah. Bahkan terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan tidak bertahan lama untuk hafal di luar kepala. Jika kita tidak pandai memanfaatkan waktu dengan baik, maka dengan cara apapun kita menghafal Al Qur’an hanya menjadi keinginan belaka. Namun bukan berarti menghafal AL Qur’an menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghafalkan Al Qur’an. Berikut cara menghafal AL Qur’an dengan cepat dan mudah:

1. Yuk menghafal Al Qur’an dan Luruskan Niat

Yang paling utama dilakukan sebelum memulai menghafal Al Qur’an, meluruskan niat. Ayo kita niatkan menghafal Al Qur’an untuk beribadah dan hanya pahala terbaik di sisi Allah. Rasa lelah, malas dan perasaan sulit dalam menghafal Al Qur’an tidak akan menjadi penghalang apabila kita punya niat yang lurus dan hati ikhlas hanya karena Allah.

yuk menghafal al qur'an sd silaturahim islamic school 3

2. Laksanakan Sholat Hajat

Setelah meluruskan niat, cara selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat, dengan memohon kepada Allah Sang pemilik Al Qur’an agar dimudahkan saat proses menghafal Al Qur’an.

3. Teguhkan Keyakinan

Selalu memotivasi dan tanamkan dalam diri agar tumbuh keyakinan dalam diri kita bahwa menghafal Al Qur’an itu sangat mudah, maka proses menghafal Al Qur’an pun akan terasa mudah.

4. Mintalah doa orang tua dan guru

Sebelum menghafal Al Qur’an, sebaiknya kita minta doa kepada orang tua dan guru kita. Ridho serta dukungan dari orang tua dan guru yang kita percaya akan memberikan kemudahan dalam proses menghafal, juga bisa menumbuhkan rasa optimis dan semangat dalam menghafalkan Al Qur’an.0

5. Akrabkan Diri dengan Al Qur’an

Salah satu cara menghafal Al Qur’an dengan mudah, cepat  dan ampuh adalah dengan mengakrabkan diri kita dengan Al Qur’an . Perbanyaklah waktu berinteraksi dengan Al Qur’an misal dengan memulai membaca 5 juz perhari atau harus menghafal satu ayat per hari.

6. Rajin mentahsin bacaan

Tahsin (memperbaiki) bacaan Al Qur’an kita sebelum memulai menghafal Al Qur’an adalah hal yang sangat penting. Gunanya adalah untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki, apakah sudah tepat atau belum, agar hafalan kita menjadi lebih sempurna dan mendapatkan pahala yang berlipat, juga agar kita terhindar dari salah ataupun keliru dalam membaca.

7. Gunakan Mushaf Al Qur’an satu jenis saja.


Gunakan mushaf Al Qur’an yang sama agar menghafal Al Qur’an menjadi lebih mudah, diantaranya mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah kita hafalkan juga mempermudah memori otak.

8. Gunakan Metode Menghafal Al Qu’ran yang Paling Mudah

Saat ini banyak sekali metode atau cara menghafal Al Qur’an. Namun sebaiknya pilihlah metode menghafal Al Qur’an yang paling mudah, bisa dengan mencari referensi dari orang lain untuk membantu kita dalam menentukan metode seperti apa yang cocok untuk kita gunakan.

9. Yuk menghafal Al Qur’an dan Tetapkan Target

Adanya target akan sangat membantu dalam mendisiplinkan hafalan dan akan memudahkan dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

10. Sering Murojaah (Mengulangi Bacaan)


Seringlah mengulangi satu ayat-ayat yang sudah kita hafal, dengan begitu ayat tersebut akan mudah melekat di dalam ingatan kita. Untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan, jangan terburu-buru menambah hafalan baru tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali.

Yuk Menghafal al qur'an sd silaturahim islamic school 1

11. Sering Mendengarkan Murottal


Perbanyaklah mendengarkan murotal. Karena kita akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantukan dalam irama yang merdu dan didengarkan berulang-ulang. Semakin sering kita mendengarkan murotal, maka semakin banyak ayat yang kita hafal dengan cepat.

12. Setorkan hafalan kepada guru ahlinya.


Menyetor hafalan kepada guru ahlinya berguna untuk menghindari bacaan yang salah, agar orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah.

Yuk Menghafal Al Qur'an SD Silaturahim Islamic School

13. Yuk menghafal Al Qur’an dan Buatlah Jadwal Hafalan

Buatlah jadwal rutin untuk menghafal Al Qur’an agar kita bisa disiplin dalam proses menghafal. Usahakan untuk menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al Qur’an setiap harinya.

14. Selalu berteman dengan Orang Sholeh

Dengan  memperbanyak berteman, berinteraksi dan berkumpul dengan orang-orang Sholeh seperti para  penghafal Al Qur’an atau orang-orang yang bisa mendukung keinginan kita dalam menghafalkan Al Qur’an, maka semakin mempermudah kita untuk menghafal Al Qur’an.

15. Harus sabar terhadap Ujian.

Kunci dalam setiap kesulitan yang kita dapatkan selama proses menghafal adalah dengan bersabar. Dengan bersabar, in Syaa’ Allah banyak kemudahan dalam menghafalkan Al Qur’an yang akan kita dapatkan

16. Selalu Istiqomah

Ttidak ada kesuksesan yang akan diraih kecuali dengan konsistensi yang kuat, begitu juga dalam proses menghafal Al Qur’an. Untuk mendapatkan hafalan yang kuat, maka kita harus konsisten Muraja’ah atau mengulang-ulang hafalan kita.

Nah setelah kita mengetahui cara menghafal AL Qur’an dengan cepat dan mudah ini, jangan ragu lagi untuk memulai menghafal Al Qur’an dari sekarang. Terus semangat, karena pahala menghafal Al Qur’an akan terus mengalir hingga akhir hayat in syaa’ Allah.

Oleh:
Laila Umm Hanfeiz
Teman Belajar di SD Silaturahim Islamic School

 

Kunjungi juga : Insan Mandiri Cibubur

Leave a Reply