pekan literasi sd silaturahim islamic school
pekan literasi sd silaturahim islamic school

Pekan Literasi ParSel Fest 2020

Pekan Literasi ParSel Fest 2020 “Literasi Penuh Aksi”

Menyambut Bulan Gemar membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan di bulan September. Perpustakaan SD SIS mengadakan pekan literasi  yang diadakan selama 3 hari, 23 September 2020- 25 September 2020. Acara yang dinamakan ParSel Fest  (Perpustakaan  Sekolah Festival) dan diberi  judul “Literasi Penuh Aksi”. Pekan literasi ini berisi kegiatan-kegiatan  dan lomba-lomba yang diikuti oleh guru dan peserta didik  di semua level.

Membuat origami pembatas buku bersama seluruh peserta didik dan para guru dilakukan dengan  media zoom. Kegiatan tersebut yang dilakukan pada saat pembukaan ParSel Fest. Anak-anak diajak untuk membuat pembatas buku dan memasangnya di buku mereka dengan tujuan untuk tetap menjaga kondisi buku. Salah satunya dengan menggunakan pembatas buku, agar buku tidak cepat rusak baik kertas maupun jilidannya.

Lomba-lomba yang diadakan pun tetap bertujuan untuk mengenalkan anak  pada dunia perpustakaan dan membaca. Diantaranya adalah lomba menggambar sampul buku favorit, bercerita yang dilakukan oleh peserta didik level 1-3. Mereka diajak untuk lebih mengenal dan berimajninasi dengan buku yang mereka suka itu dan menuangkannya ke dalam gambar sampul.

Untuk lomba bercerita, peserta didik diajak untuk mengenal dunia bercerita. Untuk level  4-6 diadakan lomba menggambar desain perpustakaan dan menggambar mural perpustakaan. Pada level ini, peserta didik diajak untuk sama-sama menciptakan suasana  perpustakaan yang menyenangkan versi mereka. di tuangkan dalam bentuk desain perpustakaan dan bagaimana mereka menggambarkan perpustakaan.

Selain itu ada juga lomba yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru, yaitu Twibbons Chalenge. Lomba berfoto dengan background yang sudah disediakan dan di share  di Instagram. Masing-masing peserta dengan caption mengajak untuk meningkatkan minat baca dan mengenal perpustakaan.

Di hari ke-3 Pekan Literasi ParSel Fest 2020, melalui zoom anak-anak diajak nonton bersama cerita edukasi. Sebuah cerita yang diangkat dari tulisan “Pakailah Masker Dengan Benar”. Cerita tersebut dibawakan  oleh Kepala Sekolah SD SIS, SMP IT IMC dan SMA IT IMC. Selain itu terdapat dongeng  cerita rakyat yang dibawakan oleh pustakawan SD SIS. Dongeng tersebut berjudul  “Asal Mula Permusuhan Ayam Jantan dan Ikan Tongkol”.

Diakhir keseluruhan kegiatan ini ditutup dengan pemenang lomba-lomba  yang telah diadakan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini diharapkan tetap bisa dilakukan dengan semangat dan  dapat memberi manfaat  bagi peserta didik. Membuat mereka tetap menyukai dunia membaca, mengenalkan dan meningkatkan kecintaan mereka pada dunia perpustakaan

oleh : Surioktya Z Meisyka, S.Sos (Pustakawan SD Silaturahim Islamic School)

Leave a Reply