Pustakawan SD Silaturahim Serahkan Thropy untuk Kelas Terbaik dalam Program Perpustakaan Tumbuhkan Minat Baca dan Disiplin Sejak Dini

Pustakawan SD Silaturahim Serahkan Trofy untuk Kelas Terbaik dalam Program Perpustakaan: Tumbuhkan Minat Baca dan Disiplin Sejak Dini

Cibubur, 4 November 2024 – Pustakawan SD Silaturahim Islamic School kembali menggelar program yang mendukung pengembangan minat baca dan kedisiplinan siswa melalui acara penyerahan thropy untuk kelas terbaik dalam Program Perpustakaan. Acara penyerahan trofi ini berlangsung pada hari Senin, bertepatan dengan kegiatan upacara bendera mingguan di halaman sekolah. Program perpustakaan ini diadakan untuk menilai dan memberikan apresiasi terhadap kelas-kelas yang menunjukkan antusiasme dan kedisiplinan tinggi selama kunjungan ke perpustakaan yang diadakan setiap pekan.

Penyerahan trofi dilakukan oleh pustakawan SD Silaturahim Islamic School, Ibu Surioktya Zuarni Meisyka, kepada perwakilan dari kelas-kelas terbaik yang terpilih. Keempat kelas yang meraih penghargaan ini adalah kelas 1 Qana’ah, kelas 2 Asshiddiq, kelas 3 Hamasah, dan kelas 5 Fathonah. Program perpustakaan ini memberikan apresiasi kepada kelas-kelas yang berhasil menunjukkan ketertiban, kedisiplinan, dan keaktifan selama kunjungan ke perpustakaan.

Kriteria Penilaian Program Perpustakaan SD Silaturahim

Dalam menentukan kelas terbaik, tim pustakwan SD Silaturahim menerapkan sejumlah kriteria penilaian yang ketat, antara lain:

  1. Ketertiban dalam Perpustakaan: Kelas-kelas dinilai berdasarkan ketertiban selama berada di perpustakaan, termasuk bagaimana siswa menjaga suasana belajar dan membaca yang kondusif.
  2. Kedisiplinan dalam Peminjaman dan Pengembalian Buku: Perpustakaan mengutamakan kedisiplinan dalam hal meminjam dan mengembalikan buku tepat waktu. Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa bertanggung jawab atas buku yang mereka pinjam.
  3. Pengembalian Buku ke Tempat Semula: Siswa juga dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam merapikan kembali buku yang telah dibaca ke tempat semula. Ini merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan perpustakaan yang nyaman dan rapi.
  4. Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan: Fasilitas perpustakaan yang beragam menjadi faktor penilaian, di mana siswa yang aktif memanfaatkan fasilitas ini untuk menambah ilmu pengetahuan mereka akan mendapatkan apresiasi.

Dengan penilaian ini, perpustakaan SD Silaturahim berusaha membentuk karakter siswa yang peduli pada lingkungan sekitar dan bertanggung jawab dalam pemakaian fasilitas umum.

Tujuan Program Perpustakaan: Menumbuhkan Minat Baca dan Kedisiplinan Sejak Dini

Tujuan utama dari program perpustakaan ini adalah untuk menumbuhkan minat baca siswa sejak dini. Dengan memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan fasilitas yang memadai, diharapkan siswa semakin antusias dalam mengunjungi perpustakaan dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengasah disiplin dan kesadaran diri siswa dalam hal tanggung jawab sosial dan pemakaian fasilitas umum. Dengan menerapkan aturan-aturan perpustakaan, siswa diajarkan tentang pentingnya keteraturan dan kepatuhan pada tata tertib. Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam konteks pendidikan tetapi juga dalam pergaulan di masyarakat.

Antusiasme Siswa dan Dampak Positif dari Program Perpustakaan

Antusiasme siswa terlihat dari semangat mereka dalam mengikuti program perpustakaan ini. Setiap kelas berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, bukan hanya demi meraih trofi, tetapi juga demi menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga kebersihan, ketertiban, dan keteraturan selama berada di perpustakaan.

Salah satu guru kelas, Ibu Dina, mengungkapkan bahwa program ini memberikan dampak positif pada siswa, terutama dalam hal minat baca dan tanggung jawab. “Siswa lebih termotivasi untuk membaca buku dan mengembalikannya ke tempat semula dengan tertib. Kami melihat adanya perubahan positif dalam perilaku mereka di sekolah, dan kami berharap mereka bisa membawa kedisiplinan ini ke kehidupan di luar sekolah,” ujar Ibu Dina.

Penghargaan untuk Kelas Terbaik dalam Program Perpustakaan

Pada kesempatan ini, empat kelas terbaik berhasil meraih trofi atas usaha mereka dalam mengikuti program perpustakaan dengan baik. Keempat kelas tersebut adalah:

  1. Kelas 1 Qana’ah – Menunjukkan antusiasme tinggi dalam membaca dan menjaga ketertiban selama di perpustakaan.
  2. Kelas 2 Asshiddiq – Kedisiplinan dalam meminjam dan mengembalikan buku menjadi keunggulan dari kelas ini.
  3. Kelas 3 Hamasah – Aktif dalam menggunakan fasilitas perpustakaan dan menjaga suasana belajar yang kondusif.
  4. Kelas 5 Fathonah – Memiliki tanggung jawab tinggi dalam merapikan kembali koleksi yang telah dibaca ke tempat semula.

Komitmen SD Silaturahim dalam Meningkatkan Literasi dan Karakter Siswa

SD Silaturahim Islamic School berkomitmen untuk terus mendukung program literasi dan karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan edukatif seperti ini. Kepala Sekolah SD Silaturahim mengungkapkan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sarana penting dalam membentuk generasi yang cerdas, disiplin, dan bertanggung jawab.

“Harapan kami adalah agar siswa tidak hanya pandai secara akademis, tetapi juga memiliki karakter positif yang kuat. Program perpustakaan ini merupakan salah satu langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar Kepala Sekolah.

Dengan program-program seperti ini, SD Silaturahim Islamic School terus menunjukkan komitmennya dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas, bertanggung jawab, dan berkarakter. Program perpustakaan yang rutin diadakan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk turut mendukung literasi dan pendidikan karakter sejak usia dini.

Oleh: Ngatijo (Humas YPSJ)