cara meningkatkan motivas belajar online oleh rince mandalasari
cara meningkatkan motivas belajar online oleh rince mandalasari

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Online

Cara meningkatkan motivasi belajar online sangat kita butuhkan sebagai guru pada saat pandemi seperti ini. Karena sebagian banyak siswa yang kurang berminat untuk belajar ketika di rumah bersama orang tuanya. Untuk itu kita selaku guru harus mempunyai seribu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Motivasi adalah sebuah dorongan ataupun minat yang besar dari dalam diri, untuk mencapai suatu keinginan atau tujuan tertentu. Sebagai guru, kita harus tahu apa yang dibutuhkan oleh para sisiwanya dalam proses belajar mengajar.

 Berikut adalah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar :

1. Cara meningkatkan motivasi belajar online dengan strategi belajar yang menyenangkan

Kita sebagai guru harus bisa memilih strategi yang menyenangkan untuk para siswa, yang bisa membangkitkan semangat siswa, yang tidak membuat siswa merasa jenuh atau bosan. Semakin banyak strategi mengajar yang dikuasai oleh seorang guru, maka ia akan semakin berhasil meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Jangan lupa meskipun online tetap gunakan ice breaking.

2. Menggunakan Fasilitas Pembelajaran dengan Maksimal

Fasilitas pembelajaran pada saat online seperti ini contohnya adalah internet. Internet ini sangat berperan penting untuk interaksi antara guru dengan siswa-siswanya walaupun hanya melalui gambar dan suara. Pihak sekolah juga diharapkan untuk memberikan dukungan secara optimal demi kelancaran proses belajar mengajar secara online.

3. Cara meningkatkan motivasi belajar online Memberikan Pujian untuk Siswa

Walaupun pada saat belajar online, sebaiknya guru selalu memberikan pujian atau penghargaan untuk siswa yang berani berbicara atau menjawab pada saat ada sesi tanya jawab. Tentunya pujian tersebut yang sifatnya membangun. Seperti contoh dari hal yang paling kecil seperti, “jawaban yang bagus …”, “kamu hebat atau keren…”, seperti itu misalnya.

4. Membuat Komitmen antara Guru dengan Siswa

Komitmen adalah suatu perjanjian. Buatlah komitmen antara guru dengan siswa-siswanya. Membuat komitmen disini supaya kita sebagai guru dengan murid bisa mentaati peraturan yang sudah dibuat atau disepakati bersama. Contoh hal kecil, berbicara bergantian, atau ketika guru sedang menjelaskan siswa harus memperhatikan, apalagi pada saat pembelajaran online seperti ini pasti kurang kondusif ketika proses belajar mengajar melalui Hp atau Laptop. Membuat komitmen antara guru dengan siswa sangatlah penting, untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik.

Itulah beberapa cara meningkatkan motivasi belajar online, semoga anak didik kita semakin semangat dan termotivasi lagi dalam belajar.

 

(Oleh Rince Mandalasari Guru SD Silaturahim Islamic School 

 

Kunjungi Juga : Insan Mandiri Cibubur

Leave a Reply