guru yang di rindukan oleh rince mandalasari
guru yang di rindukan oleh rince mandalasari

GURU YANG DIRINDUKAN

Guru yang dirindukan siswanya adalah impian bagi semua guru. Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu dengan tugas utama mendidik, membimbing, mengajar, melatih, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Profesi guru berada di posisi paling depan dalam mendidik siswa. Karena itu, sosok guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dan kepribadian.

Kompetensi pedagogik adalah kompetensi pengetahuan, kompetensi sosial adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, baik itu dengan peserta didik, rekan kerja ataupun orang tua murid. Sedangkan kemampuan kepribadian, guru harus bisa menjadi suri tauladan bagi siswanya.

Sebagai guru, kita harus berusaha memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa. Sering-seringlah memberi pujian kepada siswa. Hindari menggunakan kalimat yang menyinggung dan membuat malu perasaan siswa, terutama di depan teman-temannya.

 

Berikut ada beberapa tips agar bisa menjadi guru yang dirindukan oleh siswa :

1. Menguasa Materi Pelajaran

Sebagai guru, kita harus menguasai pelajaran. Memang betul, guru bukanlah satu-satunya sumber belajar siswa. Mereka bisa belajar dari buku, internet, atau sumber lainnya. Hanya saja, bila guru tidak menguasai materi pelajaran, guru tidak akan maksimal membantu siswa menguasai materi pelajaran.

 

2. Wawasan yang Luas

Guru yang berwawasan luas adalah yang memiliki kemampuan menguasai teknologi, mengupdate semua perkembangan ilmu, tidak akan ketinggalan informasi dan selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

 

3. Ramah dan Selalu Tersenyum

Guru memang harus tegas terhadap siswa, tetapi jangan mengabaikan sikap ramah kepada siswa. Dengan ramah dan tersenyum memberikan kesan guru yang terbuka. Membuka diri untuk membantu kesulitan siswa. Siswa akan merasa nyaman dan terlindungi oleh gurunya. Cara ini bisa membantu guru membimbing siswa dalam mengambil keputusan yang tepat.

 

4. Mengajar dengan Ikhlas

Guru bukan hanya sekadar pekerjaan atau profesi. Guru juga dimaknai sebagai pengabdian dan ibadah. Cintai dan perlakukan siswa dengan tulus dan ikhlas seperti anak kita sendiri. Dalam mengajar atau memberi hukuman lakukan dengan hati dan tujuan mendidik. Maka yang akan mereka terima adalah rasa kasih sayang, bukan marah atau kesal.

 

5. Disiplin

Memang sedikit sulit menjadi guru yang disiplin. Tetapi, guru harus bisa menempatkan dirinya sebagai sosok yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap siswa-siswanya. Libatkan siswa dalam menciptakan atau membuat kesepakatan dalam menerapkan kedisiplinan dalam belajar. Contoh kecil membuat komitmen antara guru dengan para siswa, misalnya untuk datang tepat waktu, mendengarkan jika ada yang berbicara, angkat tangan ketika mau bertanya,  mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan.

 

Demikian beberapa tips yang bisa kita terapkan sebagai seorang guru, semoga bisa bermanfaat dan termotivasi untuk menjadi guru yang dirindukan oleh para siswanya.

 

 

Oleh: Rince Mandalasari – Guru SD Silaturahim Islamic School

Leave a Reply