pembelajaran daring yang menyenangkan entin suhesti sd silaturahim
pembelajaran daring yang menyenangkan entin suhesti sd silaturahim

Pembelajaran Daring yang Menyenangkan

Pembelajaran daring yang menyenangkan merupakan harapan semua guru di Indonesia terutama guru-guru di SD Silaturahim Islamic School. Situasi pandemi yang sedang kita jalani sekarang membuat guru dituntut untuk mengatur berbagai strategi. Strategi agar pembelajaran daring bisa diterima dengan baik oleh siswa.

Berikut 4 kunci agar pembelajaran daring lebih menyenangkan, yaitu:

1. Kemampuan guru memanfaatkan teknologi

Pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran daring yang dilakukan di SD Silaturahim Islamic School yaitu aplikasi Zoom, Google Meet, Google Classroom, pre-test atau post-test dengan Quizizz atau Google Form, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa secara menarik dan efektif.

2. Pembelajaran terencana dan efektif

Guru harus menyajikan pembelajaran online secara terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan target pembelajaran bulanan, rencana pembelajaran perpekan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran daring yang detail dan menarik.

3. Menyatukan persepsi dan konsentrasi siswa

Menyatukan persepsi dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran daring yang menyenangkan dilakukan oleh guru untuk menjalin ikatan batin dengan siswa dengan melakukan perannya sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator. Sebelum pembelajaran dilakukan, biasanya guru melakukan Ice Breaking agar siswa siap dan semangat menerima pembelajaran. Menguatakan konsentrasi bisa juga dengan menyelipkan ice breaking.

 4. Pembelajaran Daring yang Menyenangkan dengan Penguatan karakter siswa

Menyampaikan pesan kepada siswa untuk menjadi anak tangguh mengingat dalam kondisi masyarakat sedang diuji secara fisik dan mental akibat penyebaran Covid-19 yang berdampak kepada pembelajaran siswa menjadi serba terbatas dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkreasi. Siswa didorong mampu beradaptasi dengan hal-hal baru.

Selama masa pandemi, agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan perlu kolaborasi antara guru dan orang tua dalam memotivasi siswa untuk disiplin belajar, semangat melaksanakan tugas, menghidupkan interaksi online dengan guru dan teman, dan tetap berusaha berkarya melalui pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar.

Guru juga ditantang untuk kreatif dalam meramu materi dan menggunakan metode menyenangkan, Semoga pembelajaran daring yang saat ini dilakukan dapat terlaksana dengan baik, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Oleh : Entin Suhesti (Guru SD Silaturahim Islamic School)

 

 

 

 

 

Untuk Informasi Sekolah Islamic Boarding School khusus Putra silahkan kunjungi: insanmandiri.sch.id

 

 

 

Leave a Reply