SD Silaturahim Menggelar Salat Istiqo untuk Memohon Hujan

SD Silaturahim Menggelar Salat Istiqo untuk Memohon Hujan

SD Silaturahim Menggelar Salat Istiqo untuk Memohon Hujan

Jatisampurna, 22 September 2023 -, SD Silaturahim Islamic School menggelar Salat Istiqo pada hari Selasa, 19 September 2023 bertempat di Halaman Sekolah. Salat Istiqo, merupakan salah satu salat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai cara memohon hujan dari Allah SWT. Kegiatan ini diadakan sebagai respons terhadap cuaca kemarau yang panjang dan mengkhawatirkan.

Cuaca ekstrem akhir-akhir ini telah menjadi topik pembicaraan utama, terutama di wilayah yang mengalami kemarau yang berkepanjangan. Selain kondisi kemarau wilayah Jabodetabek mengalami polusi udara yang kian buruk. Kepala SD Silaturahim, Ibu Entin Suhesti, menyampaikan bahwa Salat Istiqo adalah tindakan yang perlu kita lakukan sebagi upaya untuk meminta pertolongan kepada Allah Subhanahu wata’ala dalam menghadapi kondisi cuaca seperti ini.

“Saat ini, cuaca panas dan kekeringan telah melanda wilayah kita selama beberapa bulan. Untuk itu sudah saat ini kita perlu lakukan Salat Istiqo, kami memutuskan untuk menggelar Salat Istiqo bersama para siswa, guru, dan staf sekolah,” kata Ibu Entin.

Dalam kesempatan ini bertindak sebagai Khotib dan Imam adalah Bapak yuda Prayuda selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Dalam khutbah yang disampaikan beliau berpesan para siswa senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Agar Allah SWT senantiasa menolongnya. Dalam pesannya juga agar anak-anak dapat hidup sederhana dan bijaksana seperti halnya dalam penggunaan air, penggunaan listrik dan sebagainya.

Salat Istiqo, yang merupakan salah satu bentuk doa untuk memohon hujan, dilakukan dengan tekun dan khidmat oleh seluruh warga sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan semua orang tentang kekuasaan Allah SWT dalam mengatur cuaca dan berharap agar Allah SWT memberikan rahmat dengan mengirimkan hujan yang sangat dibutuhkan.

Selain menjadi doa bersama untuk memohon diturukannya hujan, Salat Istiqo juga menjadi bagian dari upaya SD Silaturahim Islamic School dalam mendorong literasi siswa. Kegiatan ini diintegrasikan dalam kurikulum sebagai sarana pendidikan agama dan moral bagi siswa.

Siswa-siswa SD Silaturahim diajak untuk memahami makna dan tujuan dari Salat Istiqo, serta bagaimana perbuatan baik ini sesuai dengan ajaran Islam. Mereka juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahap pelaksanaan Salat Istiqo, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan salat.

“Kami ingin melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan yang mendidik, serta membantu mereka memahami pentingnya berdoa dan berserah diri kepada Allah dalam segala aspek kehidupan,” ungkap Ibu Entin.

Kegiatan Salat Istiqo ini juga sejalan dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar pendidikan di SD Silaturahim Islamic School. Mendorong siswa untuk berdoa dan berpartisipasi dalam upaya memohon hujan adalah bentuk nyata dari gotong royong dan kebersamaan, yang merupakan salah satu aspek penting dalam semangat Pancasila.

Dengan menggelar Salat Istiqo dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum, SD Silaturahim Islamic School berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa tentang nilai-nilai keagamaan dan moral, serta mengajak mereka untuk selalu berdoa dan berusaha menjadi pribadi yang baik dalam masyarakat.

Semoga Salat Istiqo yang diadakan oleh SD Silaturahim Islamic School menjadi doa yang diterima oleh Allah SWT dan membawa hujan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

Oleh: Ngatijo (Humas YPSJ)

Leave a Reply