Pustakawan YPSJ Serahkan Trofi Kelas Terbaik kepada Siswa SD Silaturahim

Pustakawan YPSJ Serahkan Trofi “Kelas Terbaik” kepada Siswa SD Silaturahim

Jatisampurna, 2 September 2024. Kegiatan literasi di SD Silaturahim Islamic School kembali menjadi sorotan dengan adanya program penghargaan “Kelas Terbaik” yang diselenggarakan oleh Pustakawan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ). Program ini bertujuan untuk mendorong semangat belajar siswa dan meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan perpustakaan yang rutin diadakan setiap minggunya.

Setiap pekan, siswa SD Silaturahim Islamic School mengadakan kunjungan ke perpustakaan. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk membaca, tetapi juga memberikan pengalaman berbeda dalam setiap kunjungannya. Misalnya, ada minggu di mana siswa diminta untuk membaca buku dan menceritakan kembali isi buku tersebut di depan teman-temannya. Ada pula kegiatan mendongeng yang dipandu oleh pustakawan, aktivitas literasi yang melibatkan pengenalan bagian-bagian buku, hingga mengenalkan klasifikasi buku dan cara-cara memanfaatkan perpustakaan secara optimal.

Pustakawan SD Silaturahim, Ibu Surioktia Z. Meisyka, menjelaskan bahwa setiap kunjungan siswa ke perpustakaan memiliki nilai tersendiri. “Kami menilai siswa berdasarkan beberapa poin, yaitu ketertiban mereka selama di perpustakaan, kedisiplinan dalam meminjam koleksi, serta kerapihan saat meninggalkan perpustakaan,” ungkap Ibu Meisyka.

Tujuan dari penilaian ini adalah agar siswa dapat lebih maksimal memanfaatkan waktu di perpustakaan dan menanamkan kebiasaan yang baik sejak dini. “Kami ingin siswa-siswa kami memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya ketertiban, kedisiplinan, dan tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas perpustakaan,” tambahnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas usaha siswa, sekolah memberikan penghargaan berupa trofi bergilir “Kelas Terbaik” di awal setiap bulan. Pada bulan September ini, penghargaan “Kelas Terbaik” berhasil diraih oleh beberapa kelas, yaitu: Kelas 1-Syaja’ah, Kelas 2-As-Shiddiq, Kelas 3-Hamasah, dan Kelas 6-Amanah. Pemberian trofi ini diharapkan dapat memotivasi siswa lain untuk lebih meningkatkan partisipasi dan semangat mereka dalam memanfaatkan waktu selama di perpustakaan.

Program penghargaan “Kelas Terbaik” ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa. “Kami berharap siswa dapat belajar lebih banyak lagi tentang pentingnya ketertiban, kedisiplinan, dan kerapihan, sehingga kegiatan perpustakaan dapat dimanfaatkan lebih maksimal untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat,” jelas Ibu Meisyka.

Dengan adanya program ini, SD Silaturahim Islamic School terus berkomitmen untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa. Para guru, pustakawan, dan seluruh staf sekolah berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih aktif membaca, lebih disiplin dalam mengelola waktu belajar, serta lebih tertib dalam memanfaatkan fasilitas yang ada.

Ke depannya, pihak sekolah juga berencana untuk menambah variasi kegiatan di perpustakaan agar semakin menarik minat siswa. Diharapkan, kunjungan ke perpustakaan tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga menjadi kegiatan yang dinanti-nantikan oleh seluruh siswa SD Silaturahim Islamic School.

Dengan berbagai upaya ini, SD Silaturahim Islamic School berharap dapat terus mencetak generasi muda yang gemar membaca, memiliki wawasan luas, dan berkarakter baik, sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Semoga penghargaan “Kelas Terbaik” ini bisa menjadi pemicu semangat bagi siswa lain untuk terus berusaha menjadi yang terbaik dalam memanfaatkan waktu di perpustakaan.

Oleh: Mas Jo

Leave a Reply