Pendidikan anak usia dini ayu agus rianti
Pendidikan anak usia dini ayu agus rianti

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini di sekolah dasar silaturahim islamic school berfokus pada penguatan karakter dengan pendekatan project based quran.

Penulis buku “Semua Anak Bintang” sekaligus Direktur Pendidikan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya, Bapak Munif  Chatib menganggap  setiap anak adalah  masterpiece karya agung dari Sang Pencipta.  Allah Subhanahu Wata’ala tidak  pernah  menciptakan produk yang  gagal, hanya kesabaran orangtualah  yang  sedang diuji . Kerap kali orang  tua  kurang sabar  membersamai anak-anak mereka. Masalah ini muncul terutama karena perilaku anak-anak tidak sesuai keinginan hati orang tuanya. Pada dasarnya  kenakalan-kenakalan  masa kecil anak dapat jadi disebabkan perhatian orang tua yang kurang.

Kesibukan orang tua dengan pekerjaan terkadang membuat orang lalai dalam memberikan kasih  sayang yang  memadai  kepada anak.  Waktu  yang  dimiliki  orang  tua  habis  di  tempat  kerja daripada kebersamaan dengan anak-anak di rumah. Para ahli mengatakan, bahwa tipe orang tua penelantar atau lepas kasih kasih sayang disebut kurang efektif dalam mendidik anak-anak.

Banyak kasus  orangtua  hanya  menitipkan  anak  pada  sekolah atau  pesantren  tanpa  memberikan  feedback  kepada  sekolah terkait  perkembangan  anaknya  di rumah.  Kejadian semacam  itu sebenarnya  tidak  dibenarkan  dalam  konteks  pendidikan  anak usia dini, sebab  komunikasi  orang tua  dengan  guru  sangat  penting  dalam mengetahui  perkembangan  akademik  atau  non  akademik  di sekolah.

Kesalahpahaman orang tua di rumah dalam mendidik anaknya dibahas secara gamblang oleh Bapak Munif Chatib dalam bukunya “Orangtuanya Manusia”. Buku ini dinilai telah memberikan pencerahan orang tua dalam mendidik anak-anak di rumah  dan  sekolah. Pencerahan ini menyadarkan para orang tua dan pendidik untuk merekonstruksi kembali paradigma baru pendidikan anak usia dini di rumah dan sekolah.

Alhamdulillah, Sekolah Dasar Silaturahim Islamic School sebagai sekolah yang menerapkan konsep sekolahnya manusia di bawah bimbingan Bapak Munif Chatib fokus pada melejitkan  potensi  dan  kecerdasan  yang  dimiliki  anak usia dini,  sebagai bekal hidup di masa mendatang. Potensi dan kecerdasan anak tersebut kemudian dibingkai dalam Pendidikan karakter anak usia dini melalui Project Based quran.

Pembiasaan karakter yang baik memang harus dimulai sejak dini. Mengapa ? karena pada saat itulah anak menyerap hal-hal yang baik seperti spons. Pembelajaran karakter melalui Project Based Quran dikemas dalam aktivitas yang menyenangkan tapi memberikan daya motivasi pada anak untuk mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh: Ayu Agus Rianti, Wakil Direktur Pendidikan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya

Insan Mandiri Cibubur

 

 

Leave a Reply