penyebab kecanduan gadget oleh munif chatib
penyebab kecanduan gadget oleh munif chatib

PENYEBAB KECANDUAN GADGET PADA ANAK

Penyebab Kecanduan Gadget

Kecanduan gadget pada anak adalah ketika anak kita menggunakan gadget yang mana sudah masuk dalam taraf berlebihan sehingga menganggu aktivitas rutin atau utama dalam kehidupannya. kecanduan gadget ini mempengaruhi perkembangan psikologis dan perkembangan otak anak kita.

Jika tidak diselesaikan kecanduan gadget akan menyebabkan penyakit-penyakit turunannya seperti kecanduan game, pronografi, nomophobia, insomnia, tinnitus, sampai stroke. Selain itu kecanduan gadget pada anak akan menjadikan motivasi dan prestasi sekolah menurun.

Selamatkan anak kita dari kecanduan gadget dengan mengetahui tiga sumber penyebab penyakit ini. Lalu hindari ketiganya. Insyallah anak kita tidak lagi kecanduan gadget.

Adapun tiga penyebab kecanduan gadget adalah sebagai berikut:

1. Penyebab kecanduan gadget karena masalah pola asuh antara anak dan orang tua.

Pola interaksi antara orangtua dan anak menjadi penyebab utama anak adiktif gadget. Maksudnya jika orangtua sudah mengalami kondisi hubungan yang semakin jauh dengan anak-anaknya, maka siap-siap saja anak kita akan mencari orangtua yang lain. Orangtua yang di maksud itu adalah gadget.

Hubungan yang semakin jauh ini dapat disebabkan banyak hal. Bagi orangtua, pekerjaan yang menghabiskan waktu di kantor, sehingga jarang sekali bertemu dengan keluarga.

Bagi si anak, tugas-tugas sekolah yang terlalu banyak, les ini, les itu, sehingga tidak mempunyai waktu banyak lagi untuk berbincang santai dengan orangtuanya. Jika kondisi ini terus terjadi, jangan kaget peran orangtua akan digantikan dengan gadget. Dan anak kita akan mengidap penyakit adiktif gadget. Ayo cek pola asuh kita bersama keluarga.

2. Kurangnya edukasi penggunaan gadget di sekolah dan di rumah

Maksudnya adalah anak kita jarang mendapat informasi tentang fungsi utama gadget, yaitu sebagai alat pembantu. Akibatnya gadget berubah menjadi kebutuhan pokok, bukan lagi menjadi alat bantu.

Banyak sekali informasi tentang penggunaan positif dari gadget, selain media mendapatkan informasi positif, juga menjadi sarana komunikasi untuk apresiasi diri dan membangun jaringan. Sayang sekali, hal-hal seperti ini belum banyak diketahui oleh anak kita.

Penyebab kecanduan ini harus menjadi perhatian oleh masyarakat dan praktisi pendidikan agar bisa mengedukasi penggunaan gadget.

3. Orangtua yang terkena kecanduan gadget

Anak kita punya sifat imitasi yang dahsyat. Anak adalah peniru yang selalu berhasil dari orangtuanya. Jika orangtua mengalami adiktif gadget, maka anak pasti akan mengalami juga.

Karena itu, orangtua harus instrospeksi diri. Jika terkena adiktif, maka harus segera diatasi. Percuma saja melarang anaknya untuk tidak menggunakan gadget, namun orangtuanya tidak bisa melepaskan gadget dari tangannya.

Semoga kita semua dapat menghindari tiga penyebab kecanduan gadget. Sekali lagi, selamatkan anak kita karena orangtua adalah orang pertama sebagai penyelamat.

 

Oleh : Munif Chatib (Direktur Pendidikan YPSJ)

 

This Post Has One Comment

Leave a Reply