Tips Parenting Anak - SD Silaturahim Islamic School di Cibubur

Tips Parenting Anak

Tips Parenting Anak

Parenting adalah proses membesarkan dan mengasuh anak-anak sampai dewasa. Parenting juga merupakan tanggung jawab orang tua untuk memberikan kepada anak-anak semua yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, termasuk kasih sayang, perlindungan, nutrisi, pendidikan, dan pengalaman yang positif.

Mengasuh anak-anak bukanlah tugas yang mudah, terutama karena setiap anak unik dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun, dengan menjadi orang tua yang terlibat dan memahami kebutuhan anak-anak, Anda dapat membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat dan bahagia.

Berikut adalah 6 Tips Parenting Anak :

  1. Berikan kasih sayang dan dukungan yang konsisten. Anak-anak perlu merasa dicintai dan dihargai oleh orang tua mereka. Berikan mereka cukup waktu dan perhatian, dan jadilah sumber dukungan yang dapat diandalkan.
  2. Berikan batasan yang jelas dan konsisten. Anak-anak perlu tahu apa yang diharapkan dari mereka, dan batasan yang jelas dapat membantu mereka memahami batasan yang diharapkan. Namun, juga penting untuk memberi mereka ruang untuk berkreasi dan mengeksplorasi dunia di sekitar mereka.
  3. Ajarkan kebaikan dan empati. Anak-anak perlu belajar tentang empati dan cara menghargai orang lain. Ajarkan mereka tentang kebaikan dan bagaimana cara menjadi orang yang baik.
  4. Berikan contoh yang baik. Anak-anak sering menirukan tingkah laku orang tua mereka. Jadilah contoh yang baik bagi anak-anak Anda dengan menunjukkan tingkah laku yang baik dan positif.
  5. Jadilah pendengar yang baik. Anak-anak perlu merasa dihargai dan didengarkan. Berikan mereka waktu untuk berbicara dan ceritakan pengalaman mereka, dan jadilah pendengar yang baik dan empati.
  6. Tips Parenting Anak ke 6 yaitu berikan kebebasan yang sehat. Anak-anak perlu merasa bebas untuk mengeksplorasi dunia di sekitarnya namun tetap berikan rambu-rambu batasannya.

 

SD Silaturahim Islamic School secara rutin mengadakan kegiatan parenting untuk memberikan Tips Parenting Anak kepada guru dan orangtua dalam membimbing siswa. SD Silaturahim senantiasa berusaha menjadi SD Islam terbaik di Cibubur. SD Silaturahim Islamic School memiliki program unggulan Project based on Quran dengan penguatan 4 Pilar karakter Sidiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh.

Disusun oleh : Mas Joe (Humas YPSJ)

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply