Siswa-Siswi Kelas 2 SD Silaturahim Berkunjung Ke Warga

Siswa-Siswi Kelas 1 SD Silaturahim Berkunjung Ke Warga

Siswa-Siswi Kelas 1 SD Silaturahim Berkunjung Ke Warga

Jum’at, 10 September 2022, Siswa dan siswi SD Silaturahim berkunjung ke warga di lingkungan sekolah. Kunjungan tersebut sebagai bentuk aplikasi dalam pembelajaran Project Based on Quran (PBQ) dengan tema Salam.

Tema ini di ambil berdasarkan ayat-ayat tentang perintah mengucapkan salam.  Program ini juga sebagai stimulus untuk membiasakan para siswa mengucapkan salam disetiap harinya. Seperti kita ketahui bahwa perintah mengucapkan salam terdapat dalam beberapa Ayat Al-Qur’an dan hadist. Misalnya di Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 27 Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat”.

Dan juga terdapat di Surat Al-An’am Ayat 54 yang artinya “Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: “Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Progra ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas 1 SD Silaturahim Islamic School. Mereka sangat antusias mengikuti program ini dan bersemangat untuk melakukan kunjungan ke rumah warga.

Dalam pelaksanaannya siswa membawa bendera kecil bertulisakan assalamu’alaikum, selanjutnya mereka berkunjung ke rumah warga. Dengan mengucapkan salam dan juga membacakan surat Al-An’am ayat 54 lengkap dengan artinya.

Menurut Koordinator Program PBQ Muhammad Fuad Muchlis  tujuan program ini untuk membangun kebiasan mengucapkan salam pada siswa. Selain itu juga memberikan pengetahuan bahwa mengucapkan salam merupakan perintah Allah Azza wa jalla.

Siswa-Siswi Kelas 1 SD Silaturahim Berkunjung Ke Warga

Oleh : Mas Jo (Humas SD Silaturahim Islamic School)

 

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply